Sabtu, 02 April 2016

Cara Membersihkan Telinga

Cara Membersihkan Telinga - saat ini hampir kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersikhkan telinga, namun tahukah anda bahwa sebenarnya penggunaan cotton bud sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga merupakan hal yang berbahaya dan sangat tidak efektif, walaupun penggunaaan cotton bud terlihat sangat praktis. Menurut hasil dari penelitian yang dilakukan beberapa ahli bahwa kotoran telinga memiliki beberapa manfaat, seperti kotoran telinga dapat melumasi telinga sehingga telinga tidak akan terasa kering. Selain itu kotoran teinga juga dapat dijadikan sebagai antibakteri yang dapat melindungi telinga kita dari beberapa serangan bakteri dan kuman.


Walau sebenarnya cotton bud terbuat dari kapas yang lembut, namun kenyatanya membersihkan telinga dengan cotton bud sangat berbahaya, karena dapat merobek kulit atau membuat kuliat pada area lubang telinga menjadi luka dan iritasi sehinga seringkali terjadi infeksi. Sebenarnya kita tak perlu bersusah payah untuk membersihkan telinga hal ini dikarenakan tubuh memiliki mekanisme secara alami untuk membersihkan dirinya sendiri. Kulit yang melapisi dinding saluran telinga akan melakukan gerakan aktif pada kotoran untuk menghilangkan dapat menghilangkan kotoran atau debu yang masuk pada telinga. Baca: Cara Membersihkan Lidah Bayi

Cara membersihkan telinga yang paling baik dan paling efektif yang dapat kita lakukan untuk membersihkan kotoran pada telinga kita ialah dengan cara memasukkan minyak atau baby oil ke dalam telinga kira-kira selama 15 hingga 30 menit, lalu gunakan alat penyedot kotoran telinga untuk membersihkannya. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan telingan secara aman, berikut beberapa alternatif pilihan cara membersihkan telinga :

· Menggunakan minyak baby oil untuk membersihkan dinding-dinding telinga bagian luar serta untu membersihkan daun telinga, karena biasanya kotoran akan menempel pada area ini.

· Bersihkan telinga pada bagian luar dan hindari untuk membersihkan telinga yang terlalu dalam karena dapat menyakiti telinga. Jika anda ingin membersihkan telinga, cukup bersihkan telinga sebatas pada daun telinga saja atau bagian dinding telinga bagian luar terutama bila anda menggunakan cotton bud, karena apabla anda membersihkan telinga terlalu kedalam dengan menggunakan cotton bud akan menyebabkan kotoran yang ada akan terdorong semakin kedalam dan menumpuk.

· Bila telinga anda terasa gatal, pilihlah kapas sebagai alternatif untuk membersihkan telinga. Plintir kapas yang akan anda gunakan lalu celupkan pada air hangat setelah itu gunakan untuk membersihkan telinga yangterasa gatal.

· Bila telinga anda terdapat kotoran yang terasa mengeras pada bagian dalam telinga anda, anda dapat menggunakan cotton bud yang memiliki ujung berbentuk seperti kail.
Anda dapat membersihkan telinga dengan cara memasukan air pada telinga ketika anda sedang mandi, lalu miringkan kepala anda untuk mengeluarkan air dari telinga anda.

· Jika anda merasa kotoran yang ada pada telinga anda sangat mengganggu segera periksakan telinga anda pada dokter THT. Baca: Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami dan Tradisional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar