Selasa, 27 Oktober 2015

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil


Manfaat buah pisang bagi ibu hamil - beberapa jenis buah memiliki manfaat bagi ibu hamil, salah satu buah yang baik dikonsumsi saat samil adalah pisang karena kaya nutrisi. 

Berikut beberapa manfaat buah pisang bagi ibu hamil

1. Kaya asam folat

Asam folat sangat dibutuh selama kehamilan. Asam folat berfungsi dalam perkembangann saraf dan otak janin. Serta pembentukan susmsum tulang belakang. Asam folat pada pisang juga mencegah bayi lahir cacat dan prematur.

2. Kaya akan zat besi

Pisang mengandug zat besi yang dapat terjadinya anemia pada saat kehamilan. Zat besi pada pisang dapat menghasilkan homoglobin yang membantu mengurangi anemia selama kehamilan dan saat proses kelahiran bayi. Zat besi juga membantu membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh, serta meningkatkan nafsu makan.

3. Kaya vitamin B6

Vitamin B6 pada buah pisang dapat membantu janin dalam perkembangan sel sistem syaraf pusat. vitamin B6 juga mampu menaikkan pertumbuhan hemoglobin pada tubuh ibu hamil

4. Mengandung serat, antacid dan pectin

Pisang mengandung serat yang dapat mengatasi perut kembung serta dapat melancarkan buang air besar, atau mengatasi diare secara alami. Sehingga ibu hamil dapat terhindar dari gangguan pencernaan Buah pisang juga mengandung antacid yang berfungsi dalam menekan sekresi asam pada lambung. Selain itu pisang kaya akan pectin yang dapat membantu menormalkan fungsi usus.

5. Sumber Kalsium

Buah pisang kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk perkembangan tulang pada janin. Serta membantu menjaga tulang ibu agar tetap kuat.

6. Kaya vitamin C

Vitamin C yang tinggi dalam buah pisang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat penuaan dini, vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil serta melindungi janin agar tidak terserang penyakit. Vitamin c pada pisang juga dapat membantu pembentukan pembuluh darah, gusi, kulit, dan bahkan tulang.

7. Kaya Protein

Pisang merupakan sumber protein terbaik, yang dapat menghasilkan kalori sebagai sumber tenaga bagi ibu hamil. Protein pada pisang juga berfungsi sebagai pembentukan antibodi yang diperukan oleh ibu dan janin, agar ibu dan janin tetap sehat.

8. Kaya akan Kalium

Kalium yang terkandung pada buah pisang dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada ibu hamil. kalium juga dapat membantu mengatasi nyeri kaki, kram usus dan kram otot serta menjaga tekanan darah tetap stabil

9. sumber energi

Mengkonsumsi pisang dapat menghasilkan energi secara cepat karena kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang tinggi pada pisang

10. kaya akan karbohidrat

Mengkonsumsi pisang pada saat kehamilan dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat, pisang kaya akan karbohidrat yang dapat membuat ibu hamil cepat kenyang.

Itulah beberapa manfaat buah pisang bagi ibu hamil yang dapat dibahas pada kesampatan kali ini, semoga pembahasan ini bermanfaat.

Baca artikel menarik lainnya mengenai buah pisang:
Manfaat Buah Pisang Untuk Diet dan Kecantikan
Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar