Minggu, 04 Oktober 2015

Efek Samping dan Manfaat Utama Antibiotik

Efek Samping dan Manfaat Utama Antibiotik - Nama antibiotik sendiri pastinya sudah sangat sering kita dengar. Antibiotik seringkali kita jadikan obat penghambat dan pereda rasa sakit ketika kita menderita sakit yang tak tertahankan misal infeksi, radang, batuk, sakit gigi dan masih banyak lagi.

Antibiotik sendiri sebenarnya merupakan suatu obat yang dipergunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Antibiotik ini berasal dari dua kata Yunani yakni anti dan bios. Anti yang memiliki arti melawan sementara bios yang memiliki arti hidup. Jadi antibiotik adalah zat yang digunakan untuk melawan benda hidup dalam tubuh.

Antibiotik sendiri telah ada sejak 1930an. Obat ini dikenal dapat secara efektif menyembuhkan penyakit yang terjadi pada manusia, tumbuhan dan juga hewan. Lantas, obat antibiotik apa sajakah yang dikenal ampuh dan efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit?

Informasi Obat Antibiotik Beserta Manfaat dan Efek Sampingnya

Saat ini terdapat banyak sekali jenis obat antibiotik. Bahkan lebih dari 100 jenis obat antibiotik dapat kita pergunakan untuk meredam dan menyembuhkan penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit parah disembuhkan dokter dengan bantuan obat antibiotik ini sebagai peredanya. Dari sekian banyak ragam obat antibiotik, berikut ini kami uraikan sedikit obat antibiotik yang seringkali digunakan oleh dokter, diantaranya :

Penisilin

Penisilin merupakan suatu obat antibiotik yang fungsinya untuk merusak dinding sel bakteri saat bakteri sedang dalam proses reproduksi. Penisilin sendiri termasuk dalam kategori obat bakterisida yang terdiri dari penisilin G, ampisilin, penisilin V, nafsilin dan masih banyak lagi.

Antibiotik ini bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan infeksi pada bagian kulit, mata, telinga, gigi, saluran pernapasan dan masih banyak lagi. Efek samping jika tidak cocok menggunakan penisilin adalah ruam, demam tinggi, mual dan sebagainya.

Sefalosporin

Sefalosporin memiliki cara kerja yang sama dengan cara kerja yang dilakukan oleh penisilin. Akan tetapi fungsi sefalosporin lebih luas dibandingkan dengan cara kerja yang dilakukan oleh penisilin. Sefalosporin dapat mengobati penyakit yang tidak dapat diobati dengan penisilin misalnya gonorhea, meningitis dan masih banyak lagi. Efek samping jika tidak cocok menggunakan sefalosporin adalah muntah ataupun demam.

Makrolida

Antibiotik yang satu ini berfungsi dengan cara mencegah dan mengganggu proses pembentukan protein bakteri. Makrolida spektrumnya lebih luas jika dibandingkan penisilin ataupun sefalosporin. Makrolida dapat mengobati infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran lambung dan masih banyak lagi. Efek samping jika tidak cocok menggunakan makrolida diantaranya adalah mual dan diare.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan sehubungan dengan Efek Samping dan Manfaat Utama Antibiotik. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar